Jumat, 02 September 2016

Menganalisis Blog



TUGAS AKHIR SOSAL MEDIA
MENGANALISIS BLOG



Oleh
Ni Made Ratna Putri Udiani
1504505011



JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA
SEMESTER GANJIL 2015/2016

Kata Pengantar

“Om Swastyastu”
            Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas berkat dan rahmatNyalah maka saya bisa menyelesaikan tugas akhir ini. Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul “Tugas Akhir Sosial Media Menganalisis Blog” . Saran dipelukan untuk membangun. Mudah-mudahan makalah ini bermanfaat bagi yang membacanya.
Kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah bersedia membantu dalam pembuatan makalah ini. Dan tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Bu Sutramiani selaku dosen pada mata kuliah Aplikasi Sosial Media yang telah memberikan dorongan kepada saya untuk membuat makalah ini.
“Om Santih, Santih, Santih Om”                         

Denpasar, 17 November 2015
Penulis














DAFTAR ISI

Kata Pengantar........................................................................................................... i
Daftar Isi.................................................................................................................... ii
BAB I             Pendahuluan....................................................................................... 1
1.1.Latar Belakang............................................................................. 1
1.2.Rumusan Masalah........................................................................ 1
1.3.Tujuan .........................................................................................  1
1.4.Metode ........................................................................................  2
BAB II            Pembahasan ......................................................................................  3
2.1. Sejarah dan Perkembangan Blog ...............................................  3
2.2. Jenis-jenis Blog ..........................................................................  3
2.3. Tujuan dan Manfaat Blog ..........................................................  4
BAB III           Penutup ............................................................................................  19
                        3.1.Kesimpulan .................................................................................  19
                        3.2. Saran ..........................................................................................  19
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN


1.1.Latar Belakang
         Blog adalah sebuah situs web yang didalamnya berisi artikel ataupun informasi yang dapat diakses secara online dimana dapat memberikan manfaat bagi pembacanya. Pada awalnya blog biasa digunakan oleh seorang blogger sebagai bentuk catatan online mereka, sehingga bebas dibaca oleh siapapun di internet. Bermula dari bentuk catatan yang sederhana, kini blog mulai berkembang menjadi bentuk yang lebih kompleks baik dari segi isi, tampilan, hingga kebergunaannya. Blog biasanya (tetapi tidak selalu) ditulis oleh satu orang dan diupdate secara berkala. Beberapa blog biasanya berisi topik tertentu maupun yang berisi berbagai macam topik. Dari pendidikan, bisnis, petunjuk, kesehatan, dan lain-lain. Dimana proses ngeblog memiliki beragam aplikasi yang bisa kita gunakan. Blog biasanya memiliki berbagai fitur yang bermanfaat bagi kita maupun visitor yang berisi informasi-informasi ataupun tanggapan dari visitor berdasarkan postingan yang termuat didalamnya. Saat ini, khususnya di Indonesia, kegiatan blogging berkembang sangat pesat dengan tujuan yang beragam pula. Sebagian besar blog masih menggambarkan konsep blogging yang murni, akan tetapi sebagian blog juga berkembang sesuai dengan kemauan dan tujuan pemiliknya sehingga banyak yang berisi materi bebas dan terkadang keluar dari konsep blogging sebenarnya.

1.2.      Rumusan Masalah
a.       Bagaimanakah sejarah dan perkembangan blog?
b.      Apa sajakah jenis-jenis blog itu?
c.       Apakah tujuan dan manfaat dari setiap postingan blog yang kita update?

1.3.      Tujuan :
a. Agar mengetahui sejarah dan perkembangan blog
b.Agar mengetahui tujuan dan manfaat dari postingan blog yang kita update

1.4.Metode
Dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini penulis menggunakan metode study pustaka (library reachest) karena penulis membaca dan mencari di internet yang berkaitan dengan tema dan judul karya tulis ilmiah ini.


BAB II
PEMBAHASAN


2.1. Sejarah dan Perkembangan Blog
         Jhon barger adalah yang pertama kali memperkenalkan nama blog
pada tahun 1997. Ia menggunakan istilah weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu update secara kontinyu dan berisi link-link website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Sedangkan situs pitas (www.pitas.com) adalah situs yang pertama kali menciptakan layanan blob online dan gratis pada bulan juli 1999. satu bulan kemudian, yaitu bulan agustus 1999, sebuah perusahaan disanfransisco bernama pyra laboratory (www.pyra.com) meluncurkan layanan blogger (www.blogger.com) yang hingga saat ini menjadi salah satu layanan blogger terbesar yang ada diinternet. Layanan tersebut memungkinkan siapa pun engan pengetahuan dasar html dan pemrograman web, dapat menciptakan blog-nya sendiri secara online dan gratis. Dengan kemudahan layanan yang diberikan oleh beberapa situs yang mengelola blog tersebut, perkembangan blogger pun bertambah pesat. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh situs blogger.com tersebut, jumlah pengguna yang memakai layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20-40% per bulan. Setelah blogger.com dan pitas berkembang cukup pesat, muncul berbabagi layanan pembuat blog online yang diberikan pula oleh beberapa situs, seperti Groukoup (www.grouksoup.com) atau edithispage (www.edithispage.com). Sejak saat itu, blog kian hari kian bertambah dengan pesat hingga makin sulit untuk mengikutinya.

2.2. Jenis-jenis Blog
Sejak diketemukanya blog sampai sekarang, jenis blog terus berkembang, yang semula hanya bersifat pribadi kini menjadi lebih beragam. Berikut ini adalah jenis-jenis blog yang dapat dikasifiklasikan dari sekian banyak blog yang berada di internet:
Ø  Blog politik : blog yang berisi informasi tentang politik, baik profil, kampanye politik, maupun propaganda.
Ø  Blog Pribadi : Blog milik perorangan yang biasanya memuat artikel sesuai  dengan minat dan hobi si pemilik blog
Ø Blog bertopik : blog yang dikususkan membahas tentang topik tertentu, misalnya membahas tentang potografi, bisnis online, pemrograman, dan lain-lain.
Ø Blog kesehatan : blog yang membahas tentang informasi kesehatan.
Ø Blog sastra : blog yang berisi artikel-artikel berbau sastra dan seni , baik yang bertsifat lokal, regional, nasional, maupun internasional.
Ø Blog perjalanan atau Traveling : blog yang membahas tentang informasi pariwisata bagi para pehobi traveling.
Ø Blog riset atau penelitian : Blog yang berisi jurnal penelitian dan riset milik perorangan maupun institusi riset, baik swasta maupun pemerintah.
Ø Blog Hukum
Ø Blog media : blog tentang informasi terkini sebuah media pemberitaan baik cetak maupun elektronik, misalnya http://blog.liputan6.com
Ø Blog agama : blog yang berisi tentang artikel-artikel keagamaan.
Ø Blog pendidikan : blog yang berisi tentang opini tentang kependidikan, atau blog milik institusi pendidikan.
Ø Blog Petunjuk (direktory).
Ø Blog bisnis : blog yang memuat informasi dan referensi tentang bisnis online maupun online, informasi tentang peluang usaha dan hal berbau bisnis, http://onlinebisnis.web.id, http://corsaar.com16
Ø Blog penganggu (spam.)


2.3. Tujuan Masing-masing Postingan Blog
a.       Postingan pertama saya di blog ini berjudul “Optimalisasi Penggunaan Bank Sampah Guna Mengurangi Sampah Non Organik, Sehingga Dapat Bernilai Ekonomis yang Tinggi” (http://ratnaputri19.blogspot.co.id/2015/09/program-kreativitas-mahasiswa_67.html

      Postingan pertama yang saya post pertama kali yaitu pada tanggal 25 September 2015, yang berisi Program Kreativitas Mahasiswa yang saat itu dibuat untuk keperluan tugas Student Day Universitas. PKM ini dibuat bersama kelompok yang telah ditentukan. PKM ini menjelaskan agar kita mengetahui mengenai optimalisasi pengadaan bank sampah guna mengurangi volume sampah non organik sehingga dapat bernilai ekonomi yang tinggi dan untuk mengetahui langkah-langkah yang ditempuh untuk mengoptimalisasi pengadaan bank sampah guna mengurangi volume sampah non organic sehingga dapat bernilai ekonomi yang tinggi.
      Terciptanya lingkungan yang bersih, bebas dari tumpukan sampah. Selain itu juga menciptakan masyarakat yang sadar akan lingkungan dan mampu  dalam mengolah barang-barang bekas sehingga harapan dari program ini tidak hanya lingkuangan yang bersih dan tertata dari sampah, namun juga pengetahuan, pemahaman, serta penerapan ilmu yang dapat terus berkesinambungan dalam kehidupan masyarakat sehari – hari.. Dengan pemahaman yang telah diketahui maka masyarakat dapat menjalankan program ini secara mandiri.  Sehingga serangkaian sistem yang telah kami rancang dapat terus terlaksana dan berkembang sesuai dengan tingkat kebutuhan dan keinginan masyarakat. Masyarakat tersebut pun dapat menjadi contoh  dalam mengembangkan program ini secara lebih luas lagi.
Sumber:
Sustaining. (2011). Manajemen Pengelolaan Sampah Berbasis Mandiri. http://pkps.bappenas.go.id/attachments/article/954/NOVEMBER%20Reguler_SAMPAH_Indonesia_L.pdf
Latif, Thoriq Al Akbar. Bung Bung Pah ( Nabung-nabung Sampah ) Sebagai Alat Pembelajaran Sosial Kebiasaan Mengelola Lingkungan Bagi Masyarakat. https://thoriqlatif.wordpress.com/2013/07/18/proposal-pkm-m/
Ariestya, Ira Apparel & Farm Industry.(2013). Usulan Program Kreativitas Mahasiswa-The Basoka. http://irasucinicholas.blogspot.com/2013/12//usulan-program-kreativitas-mahasiswa.html.

b.      Postingan kedua berjudul ”Samakah Bahasa Indonesia dengan Bahasa Melayu”
(http://ratnaputri19.blogspot.co.id/2015/09/samakah-bahasa-indonesia-dengan-bahasa.html)


      Postingan kedua yang saya update pada 28 September 2015 yaitu bertujuan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia, postingan ini juga memiliki manfaat agar kita mengetahui perbedaan bahasa Indonesia dan Melayu.
      Bahasa Indonesia merupakan suatu variasi dari bahasa Melayu. Dasar dari Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu Riau, tetapi telah mengalami perkembangan karena digunakan sebagai bahasa kerja dan proses pembakuan pada awal abad ke-20. Sedangkan Bahasa Melayu merupakan kumpulan dari sejumlah bahasa yang dituturkan di wilayah Nusantara dan Semenanjung Melayu.
Sumber:
Sukartha, I Nengah., I Nyoman Suparwa., I G.N.K Putrayasa & Iwayan Teguh.(2015).Bahasa Indonesia Akademik untuk Perguruan Tinggi.:Swasta Nulus

c.       Postingan ketiga yaitu berjudul “Badmintalk”


      Postingan ketiga ini saya upload pada 28 September 2015 yang bertujuan untuk memenuhi tugas Aplikasi Sosial Media juga, yang memiliki manfaat agar kita mengetahui hasil analisis Komunitas Bulutangkis Se-Indonesia.
      Badmintalk adalah suatu forum yang dibuat untuk semua pecinta olahraga Bulu Tangkis se-Indonesia. Web Badmintalk ini dibentuk untuk seorang pecinta bulutangkis yang selalu ingin mendapatkan update berita terbaru, informasi live streaming, video pertandingan, update rangking terbaru, berkenalan dengan teman baru dan punya banyak ide, gagasan, cerita, pandangan dan ingin berdiskusi tentang bulutangkis.
      Adanya komunitas ini sangat berpengaruh bagi penggemar bulu tangkis, karena dengan adanya komunitas badmintalk ini mereka dapat bertukar pikiran, mengetahui informasi terkini mengenai bulu tangkis walaupun mereka tidak berada di dalam satu wilayah. Bila dibandingkan dengan dunia nyata, penggemar sulit untuk berkomunikasi satu sama lain karena jangkauan wilayah yang jauh. Selain itu, mereka juga hanya mendapat informasi di media massa, seperti televisi, majalah ataupun koran yang tidak setiap saat diperbaharui. Tetapi, jika dibandingankan dengan dunia maya penggemar bulu tangkis di dunia nyata dapat bertemu dan bermain bersama dengan penggemar lain di wilayah yang sama.

d.      Postingan keempat yaitu berjudul “Algoritma”
(http://ratnaputri19.blogspot.co.id/2015/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html)


      Postingan Keempat ini saya unduh pada 16 Oktober 2015, postingan ini bertujuan untuk menjelaskan teori yang sangat dasar mengenai algoritma. Manfaatnya yaitu agar kita dapat menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan algoritma. Sumbernya yaitu dari buku catatan yang diberikan oleh dosen saya.

e.                   Postingan Kelima yaitu berjudul “Perbandingan Sosial Media”
(http://ratnaputri19.blogspot.co.id/2015/10/vbehaviorurldefaultvmlo_95.html)

         Postingan kelima diupdate pada 29 Oktober 2015, postingan ini bertujuan untuk memenuhi tugas Ujian Tengah Semester, juga bertujuan untuk menjelaskan perbandingan sosial media, dampak-dampak positif dan negative, seta memaparkan fitur-fitur yang terdapat pada sosial media tersebut. Postingan ini bermanfaat bagi kita agar kita dapat menggunakan sosial media secara bijak dengan fitur-fitur yang bermacam-macam.
Sumber:


f.             Postingan Keenam berjudul “Resensi Buku dari Kisah-kisah Orang Scorpio”


         Postingan keenam ini saya update pada 10 November 2015, tujuan postingan ini untuk memenuhi salah satu tugas Bahasa Indonesia pada saat saya SMA, juga membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas, mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi, mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan, menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya, memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan substansi buku. Sedangkan manfaat postingan ini yaitu menambah wawasan dan mengasah daya pikir. Selain itu, menulis resensi juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan menulis tulisan lain seperti opini ataupun berita. Karena ketika menulis resensi, bahan tulisan yang akan kita tulis sebenarnya telah tersedia yaitu buku yang kita baca, sedangkan untuk menulis opini dan berita, kita harus melakukan riset dan menggali informasi secara lengkap terlebih dahulu. Selain itu, resensi juga tidak akan basi berbeda dengan berita atau opini yang harus up to date.

g.            Postingan Ketujuh yaitu berjudul “Tokopedia”

         Postingan ini saya update pada 10 November 2015, bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah Aplikasi Sosial Media. Postingan ini bermanfaat bagi kita untuk menambah ilmu mengenai shopping online.
         Melalui aplikasi ini masyarakat tidak hanya dapat menjadi pembeli melainkan menjadi penjual. Banyak aplikasi belaja online sampai saat ini, salah satunya adalah Tokopedia. Tokopedia ini sama halnya dengan aplikasi media sosial lainnya yang menawarkan kemudahan bertransaksi antara penjual dan pembeli dengan memmberikan keuntungan yang sama kepada kedua belah pihak.
Sumber:

h.            Postingan Kedelapan berjudul “Bahaya Mi Instan”

         Postingan ini saya update pada 18 November 2015, bertujuan untuk memenuhi tugas semasa saya SMA juga bertujuan agar nantinya kita dapat betul-betul mengetahui bagaimana mi instan sangat mempengaruhi tubuh kita. Selain itu, penulis juga berharap dengan penulisan karya tulis ilmiah ini dapat membantu kita untuk lebih dalam lagi mengenal mi, mulai dari kandungannya sampai poses memasaknya khususnya mi instan.
         Mi instan adalah makanan yang merugikan bagi kesehatan tubuh. Kepraktisan dan kemudahan yang dibawa oleh mi instan memang membuat kita menjadi gemar untuk mengkonsumsinya. Tetapi dibalik semua itu, terdapat bahaya besar yang mengancam kesehatan tubuh kita. Menjaga dari sekarang akan lebih baik dari pada mengobati esok hari. Boleh mengkonsumsi instan, akan tetapi tidak berlebihan dan tetap mengutamakan menu makanan sehat dan bergizi. Saran : Sebaiknya kita jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan dan apabila tetap ingin mengonsumsi mi instan usahakan dalam sebulan hanya memakan satu bungkus saja.

i.              Postingan Kesembilan yaitu berjudul “Laporan Praktikum Hati Ayam”

         Postingan ini saya update pada 20 November 2015, bertujua untuk memenuhi tugas Biologi pada semasa SMA, juga bertujuan dan bermanfaat untuk mengetahui jumlah substart akan berpengaruh terdapat kecepatan reaksi enzim. Semakin banyak jumlah subsrat, maka kecepatan reaksi akan meningkat pada batas tertentu.

j.              Postingan Kesepuluh yaitu berjudul “Asam Serba Guna”


         Postingan ini diupdate pada 25 November 2015, bertujuan untu memenuhi tugas Bahasa Indonesia pada semasa SMA, juga bertujuan untuk mengetahui berbagai macam khasiat daging,daun,kulit kayu dari buah asam. Manfaatnya untuk Mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan obat tradisional daripada obat kimia. Dan dihimbau kepada pemerintah agar setiap minimal tahunnya membangun rumah sehat. Kepada masyarakat agar dapat menyisihkan lahan rumah agar menanam obat-obat tradisional. 

k.            Postingan Kesebelas berjudul ”Makalah Ogoh-ogoh”


         Postingan ini diupdate pada 01 Desember 2015, bertujuan untuk memberikan informasi lebih dalam berkaitan dengan ogoh-ogoh serta nilai-nilai yang terkandung di dalam makalah ini. Selain itu makalah ini disusun bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran yaitu Budi Pekerti. Manfaatnya yaitu agar diharapkan kesadaran masyarakat khususnya para generasi muda untuk mengetahui makna ogoh-ogoh dan posisinya dalam agama Hindu serta dapat mempertahankan budaya Bali. Jangan sampai ogoh-ogoh yang merupakan salah satu budaya Bali tergilas kebudayaan dunia barat.
Sumber:

l.              Postingan Keduabelas yaitu berjudul “Etika Politik dan Kedudukan Pancasila”


         Postingan ini diupdate pada 07 Desember 2015, bertujuan untuk memenuhi tugas Pancasila serta agar menerapkan nilai-nilai pada pancasila, memiliki etika dalam berperilaku dalam  kehidupan sehari-hari, serta memahami kedudukan pancasila dan dijadikan sebagai pedoman hidup.
            Sila-sila Pancasila pada hakikatnya bukanlah merupakan suatu pedoman yang langsung bersifat normative ataupun praksis melainkan merupakan suatu sistem nilai-nilai etika yang merupakan sumber norma baik meliputi norma moral maupun norma hukum, yang pada gilirannya harus dijabarkan lebih lanjut dalam norma-norma etika, moral maupun norma hukum dalam kehidupan kenegaraan maupun kebangsaan. Dengan demikian Pancasila sebagai dasar filsafat negara, secara objektif diangkat dari pandangan hidup yang sekaligus juga sebagai filsafat hidup bangsa Indonesia yang telah ada dalam sejarah bangsa sendiri.
Sumber:  Kaelan, 2014, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Paradigma




BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
         Blog adalah sebuah situs web yang didalamnya berisi artikel ataupun informasi yang dapat diakses secara online dimana dapat memberikan manfaat bagi pembacanya.
Blog biasanya memiliki berbagai fitur yang bermanfaat bagi kita maupun visitor yang berisi informasi-informasi ataupun tanggapan dari visitor berdasarkan postingan yang termuat didalamnya. Saat ini, khususnya di Indonesia, kegiatan blogging berkembang sangat pesat dengan tujuan yang beragam pula. Sebagian besar blog masih menggambarkan konsep blogging yang murni, akan tetapi sebagian blog juga berkembang sesuai dengan kemauan dan tujuan pemiliknya sehingga banyak yang berisi materi bebas dan terkadang keluar dari konsep blogging sebenarnya.

3.2. Saran
         Saat kita ingin menggunggah informasi dalam suatu blog, alangkah baiknya kita membuat artikel atau informasi sendiri jangan sampai menjiplak artikel orang.


DAFTAR PUSTAKA



1 komentar:

  1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus