Perbandingan Sosial Media
A.
Pendahuluan
Di era globalisasi ini
perkembangan teknologi semakin pesat. Dengan kemajuan teknologi kita tidak lagi
mengenal batas, jarak, ruang, dan waktu. Ini pastinya sangat menguntungkan kita
karena dengan adanya teknologi yang semakin canggih sangat mempermudah
aktivitas manusia, seperti sosial media. Di zaman globalisasi ini siapa sih yang tidak kenal denga sosial
media? Ya pasti semua orang pasti mengenal sosial media. Sosial media adalah
suatu wadah untuk berinteraksi dengan orang lain secara online di dunia maya
yang tidak dibatasi waktu dan wilayah. Kehidupan kita pasti tidak akan pernah
lepas dari yang namanya sosial media. Karena kita sangat diberikan kemudahan
untuk berkomunikasi. Tidak seperti dahulu sebelum munculnya sosial media kita
harus mengirim surat untuk berkomunikasi jarak jauh yang memakan waktu sangat
lama, tarif telepon yang sangat mahal. Apalagi dengan perkembangan mobile phone
dan teknologi internet yang semakin canggih maka saat itu juga sosial media pun
berkembang dengan sangat pesat. Dengan adanya sosial media kita dapat
berkomunikasi dengan siapa saja tanpa dibatasi oleh wilayah dan waktu. Selain
itu, pengguna sosial media dapat berbagi informasi berupa, kejadian, berbagi
foto, dan dapat juga untuk menambah wawasan serta bisa juga sebagai ajang untuk
mencari atau menambah teman. Ditambah lagi dengan adanya smartphone dan
provider yang dapat memudahkan kita untuk bersosial media kapanpun dan
dimanapun. Tetapi dengan segala kemudahannya kita jangan sampai terlena dengan
sosial media, karena disini kita bisa menjadi apa saja di dunia maya. Di sosial
media orang biasa bisa menjadi orang besar, maupun orang besar bisa menjadi
seseorang yang kecil. Itu tergantung bagaimana kita membawa diri kita dalam
menggunakan sosial media. Dengan segala kelebihan yang dimiliki sosial media
menyebabkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di
negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kemudahan dan kecepatan
yang dimiliki media sosial juga perlahan-lahan mulai menggantikan peranan media
massa konvensional dalam menyebarkan informasi.
B.
Dampak Sosial Media
·
Dampak Positif :
1.
Informasi
Disosial media
kita bisa mendapatkan informasi dimanapun dan kapanpun secara cepat melalui
gadget ataupun laptop yang kita gunakan
2.
Wawasan
Disosial media
kita bisa mendapatkan ilmu maupun wawasan seperti memudahkan kita dalam membuat
tugas
3.
Menyatukan keluarga, kerabat
Disosial media
kita bisa berkomunikasi dengan keluarga ataupun kerabat yang tinggal ditempat
yang berjauhan dengan kita
4.
Relasi
Kita bisa menambah
relasi, teman dari seluruh dunia dengan menggunakan sosial media
5.
Fitur-fitur unggulan
Disosial media
kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia seperti berbagi dokumen,
bertukar foto maupun pesan suara
6.
Komunikasi
Disosial media
kita bisa berkomunikasi dengan teman, sahabat yang berjauhan kapanpun dan
dimanapun.
7.
Promosi
Disosial media
kita bisa menggunakannya sebagai ajang promosi produk maupun jasa yang
ditawarkan
·
Dampak Negatif :
1.
Cyber crime
Kejahatan
dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya : carding, hacking,
cracking, phising, dan spamming
2.
Kurang pergaulan
Karena
kita terlalu asyik bermain disosial media dibandingkan bertatap muka secara
langsung
3.
Kecanduan
Dengan
segala fitur-fitur unggulan yang tersedia disosial media kita menjadi terus
ingin berseluncur di sosial media sampai lupa waktu
4.
Malas
Karena
sosial media kita kurang memanfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya, kita
malah sibuk berseluncur disosial media
5.
Privasi
Dalam
menggunakan sosial media kita cenderung terlalu mengekspos secara berlebihan
sampai-sampai kita lupa menjaga privasi kita
6.
Pornografi
Disosial
media kita sering melihat gambar-gambar yang berbau pornografi yang membuat
seseorang cenderung untuk bertindak criminal
7.
Bahasa Indonesia mulai tergeser
Dalam
menggunakan sosial media khususnya kaum remaja cenderung menggunakan bahasa
“gaul” atau “alay” sehingga melupakan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
C.
Perbandingan Sosial Media
Disini kita akan
membandingkan 10 sosial media yang terpopuler di Indonesia menurut saya, yaitu
:
1. Facebook
Facebook merupakan situs pertemanan sosial yang berdiri
pada 4 Februari 2004. Pendirinya yaitu Mark Zuckerberg, Andrew Mc Callum,
Dustin Moskovitz, Chris Hughes. Awalnya situs ini hanya dibatasi untuk
mahasiswa Harvard saja kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy
League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri
kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah
menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5
juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya
di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini. Kegunaan
utamanya untuk saling berkomunikasi dengan user facebook lainnya.
v Fitur-fitur
:
a. Update
Status : Memberitahu segala keadaan kita
b. Message
: Berkirim pesan dengan pengguna facebook lain
c. Chat
: Dapat saling berkomunikasi dengan pengguna facebook lain
d. Photos
: Mengupload foto
e. Videos
: Mengupload video
f. Friends
: Menambah teman
g. Application
: Banyak applikasi menarik
h. Games
: Permainan menarik
i.
Note : Menulis catatan untuk dishare
dengan pengguna facebook lainnya
j.
Wall : Ruang sesama user facebook untuk
berkirim pesan terbuka
k. Poke
: Untuk saling mencolek secara virtual
l.
Gifts : Untuk berkirim hadiah
m. Menu
Sunting dan Hapus Foto : Mengedit kembali komentar ataupun menghapusnya
n. Emoticon
: Untuk mempercantik tampilan chat
o. Menu
Pageview : Mempromosikan informasi yang dishare ke facebook
2. Twitter
Twitter adalah
suatu jejaring sosial dan microblogging yang dirilis pada 15 Juli 2006. Twitter
didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams Noah Glass, Biz Stone. Kenapa twitter
disebut juga microblogging? Ya, karena twitter hanya dibatasi 140 karakter untuk
mengirim tweet. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi
salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet,
dan dijuluki dengan "pesan
singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak
terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa
memosting kicauan melalui antarmuka
situs web, pesan singkat (SMS), atau
melalui berbagai aplikasi
untuk perangkat seluler.
v Fitur-fitur
:
a. @
: Alamat user twitter untuk berkirim pesan
b. RT
: Menyampaikan ulang tweet
c. DM
: Mengirim pesan pribadi
d. Update
Status : Untuk menshare keadaan kita
e. Del
: Menghapus tweet
f. Follow
: Mengikuti user twitter lain
g. Unfollow
: Tidak mengikuti user twitter lain yang pernah diikuti sebelumnya
h. Unggah
foto : Mengunggah foto
i.
Favorit : Menyimpan tweet yang kita sukai
j.
Trending Topic : Topik yang sedang hangat
di pengguna twitter diseluruh dunia
k. Hash
Tag : Mempermudah dalam mencari topik yang sedang hangat dibicarakan
3. Instagram
Instagram adalah jenis situs untuk sharing foto &
video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter
digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring
sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Instagram berdiri
pada 6 Oktober 2010. Pendirinya yaitu Kevin Systrom, Mike Krieger.
v Fitur-fitur
:
a. Following
: Mengikuti user instagram lain
b. Unfollow
: Tidak mengikuti user twitter lain yang pernah diikuti sebelumnya
c. Upload
Foto : Mengunggah foto
d. Upload
video : Mengunggah video
e. Efek
Foto : Disini kita bisa mengedit foto sesuai keinginan kita
f. Tag
foto : Kita bisa men-tag orang dalam foto tersebut
g. Geotagging
: Kita bisa menshare lokasi foto
h. Like
: Bila kita menyukai share foto/video user lain
4. Path
Path adalah situs pertemanan sosial yang memungkinkan
penggunanya untuk berbagi gambar
dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi
tempat berbagi momen dengan keluarga dan
teman-teman terdekat. Path berdiri pada November 2010. Pendirinya yaitu Dave
Morin, Shawn Fanning, Dustin Mierau. Kegunaan utama untuh menshare momen.
v Fitur-fitur
a.
Profile : ada 2 yaitu profile picture dan
cover picture
b.
Share Moment : Untuk menshare suatu kejadian
c.
Stiker Shop : untuk user yang menginginkan
stiker lucu yang tidak ada dalam stiker bawaan
d.
Sleep & Awake : Memberi tahu pengguna
sedang tidur atau bangun
e.
Upload Foto & Video : Untuk menshare foto
maupun video
f.
Locatian Update : Untuk menshare lokasi
simana kita berada
g.
Music, film, book : Untuk menshare music
apa yang kita dengar, film yang kita tonton, buku yang kita baca
h.
Update Status : Untuk menshare suatu
keadaan
i.
Message : Untuk dapat berkirim pesan
j.
Comment : Untuk dapat berkomentar dim omen
user lain
k.
Emoticons : Untuk menyatakan tanggapan
dari setiap momen user lain
l.
Viewer : Agar user dapat melihat berapa
yang melihat momen yang kita unggah
5.
Google+
Google+ adalah Sosial media yang berdiri
pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari itu,
pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk
membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan
akun semakin membeludak. Pendirinya yaitu Time Google, Inc. Fitur-fitur Google+
banyak memiliki kemiripan dengan Facebook dan Linkedln.
v Fitur-fitur
:
a. Circles
: Menambah & mengelompokkan berdasarkan hobi yang sama
b. +1
: Like layaknya facebook dan instagram
c. Huddle
: Menuliskan pesan instan ke group teman
d. Private
Messages : Pesan pribadi
e. Photos
& Videos : Share foto & video
f. Hangouts
: Memulai obrolan dengan group
g. Sparks
: Untuk mendapatkan kabar berita sesuai hobi
h. Verified
Name : Untuk public figure
i.
Fitur HD & Video Chat : Mengobrol
dengan teman paling tidak 10 teman
j.
Formate Text : Untuk update status
k. Notifikasi
Google+ : Memberi notifikasi lewat mobile phone
l.
Hubungkan Google+ dengan akun sosial
network lain :
m. Google+
Data Backup : Back up seperti foto, informasi profil, daftar kontak, foto
stream
n. Ubah
tampilan bahasa Google+ : Mengubah bahasa darimana berasal
o. Menggunakan
beberapa akun pada browser yang sama : Bagi yang memiliki akun google+ lebih
dari satu
6. Whatsapp
Whatsapp adalah
sosial media yang berfungsi untuk berkirim pesan secara instan yang berdiri
pada tahun 2009. Pendirinya yaitu Brian Acton & Jan Koum. Awalnya, WhatsApp
dibuat untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan
perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone dan Symbian. Sampai pada November 2010, WhatsApp
menduduki posisi peringkat ke 3, aplikasi paling laris yang diunduh melalui
nokia Ovi Store, setelah Swype dan
NHL game center premium
v Fitur-fitur
:
a. View
contact : Melihat kontak
b. Avatar
: Mengambil data avatar dari profile phone book
c. Add
Conversation : Menambah shortcut conversation ke homescreen
d. Email
Conversation : Mengirim obrolan
e. Copy/paste
: Menduplikasi
f. Smile
icon : Menambahkan emoticon
g. Search
: Mencari daftar kontak
h. Call
: Menelepon secara langsung
i.
Whatsapp call : Melakukan panggilan menggunakan
koneksi internet
j.
Block : Memblok kontak tertentu
k. Status
: Menampilkan status dibawah nama teman
7. Line
Line adalah sosial
media yang berrilis pada tanggal 23 Juni 2011. Pembuatnya yaitu Lee Hae Jin. LINE
dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. Kegunaan utama
Line yaitu mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain
lain dengan menggunakan koneksi internet. LINE dapat digunakan pada berbagai
platform seperti iOS,
Android,
Windows Phone,
BlackBerry OS
bahkan Computer Mac OS X dan Microsoft
Windows. LINE hanya dapat digunakan untuk sesama pengguna
LINE. LINE menggunakan nomor telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna
untuk memudahkan orang mengundang kita. Kita juga dapat menyembunyikan nomor
telepon untuk melindungi privasi. LINE juga
menyediakan fitur Blocked List
pada tab privacy setting, dan
juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka
dan melihat isi percakapan kita.
v Fitur-fitur
:
a. Sticker
: Ini merupakan daya tarik dari line karena kita bisa meluapkan perasaan kita
melalui stiker-stiker yang lucu
b. Thema
: Mempercantik tampilan line
c. Friend
Recommendation : Menemukan rekomendasi teman
d. Add
friend : Menambah teman
e. Find
Alumni : Menemukan teman lama
f. Block
List : Memblok suatu pengguna
g. Attachment
: Melampirkan
file untuk dikirim ke teman LINE anda seperti suara, gambar, dll
h. Video
call : Panggilan video
i.
Chat : Mengirim pesan dengan pengguna lain
j.
QR Code : Menambah teman dengan cara scan
QR Code
k. Free
Call : Panggilan menggunakan koneksi internet
l.
Group : Berkomunikasi dengan grup yang
kita buat
m. Timeline
: Mengupdate kegiatan melalui foto, stiker maupun lokasi
n. Informasi
menarik dari Official Account Line : Mendapatkan informasi menarik
8. BBM
(Blackberry Massenger)
BBM adalah situs sosial media yang berdiri pada tahun
2005. Pendirinya yaitu Garry Klassen. Cara menggunakan BlackBerry Messenger
adalah dengan penghubung nomor PIN. BBM mengadopsi
kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat
telepon genggam. BBM merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry
selain layanan Push Mail.
BBM ini dibuat khusus bagi pemilik BlackBerry
dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna. Tetapi, pada
tanggal 23 Oktober 2013, layanan BBM secara resmi bisa digunakan lintas
platform dengan dirilisnya BBM untuk iOS
dan Android.
v Fitur-fitur
:
a.
Update Status : Menshare kegiatan yang
kita lakukan
b.
Berbagi berkas : Bertukar foto, file,
maupun lagu
c.
Percakapan Group : Berkomunikasi dengan
group yang kita bentuk
d.
Kode batang : Menambah teman dengan
menscan kode batang
e.
Display Picture : Mengupdate tampilan bbm
f.
Broadcast : Pesan yang dapat dikirim
sekaligus ke bebrapa maupun semua kontak
g.
Membagi Lokasi : Berbagi lokasi dimana
kita berada
h.
Call : Melakukan panggilan langsung
9. Snapchat
Snapchat adalah sosial media foro & video sharing
yang berdiri pada September 2011. Pendirinya yaitu Evan Spiegel, Reggie Brown,
Bobby Murphy. Snapchat
diciptakan oleh tiga orang mahasiswa Stanford University, yaitu Evan Spiegel,
Bobby Murphy, dan Reggie Brown. Mulanya ini adalah proyek kelas Spiegel dan
Brown dengan nama Picabbo. Keduanya kemudian menggandeng Murphy untuk
merealisasikannya ke dalam aplikasi. Pada bulan Juli 2011, Picabbo resmi
memulai debut namun kemudian diubah menjadi Snapchat dan mendarat di Android
pada 29 November 2012. Pengguna dapat mengambil foto, merekam
video, menambahkan teks dan lukisan, dan mengirimkannya ke daftar penerima yang
ditentukan pengguna.
v Fitur-fitur
:
a. Interface
sederhana
b. Replay
: Melihat ulang snap yang diterima
c. Lenses
: Filter foto
d. Thropies
: Untuk mengirim 10 Snap dengan posisi LED flash kamera depan menyala
e. Add
friend : Menambah teman
f. Chat
: Video Call & Instan Messaging
g. Discover
: Memuat berita
h. Story
: Menyiarkan video personal
i.
Snapcash : Mengirim uang ke pengguna lain
10. Youtube
Youtube adalah
sosial media yang berdiri 14 Februari 2005. Pendirinya yaitu Chad Hurley, Steve
Chen, Jawed Karim. Kegunaan utama youtube yaitu mengunggah, menonton, dan
berbagi video. Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun
perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah
mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan
YouTube.
v Fitur-fitur
:
a. Playback
: Menonton video membutuhkan plug-in
b. Unduh
: Mengunduh video
c. Kualitas
dan Codec
d. Video
3D : Menyuguhkan video 3D
e. Keteraksesan
Konten : Kemampuan menonton video disitu luar
f. Platform
: Beberapa telepon pintar
dapat mengakses video YouTube, tergantung penyedia dan data plan-nya
D. Tabel
Perbandingan Fitur-fitur pada Sosial Media
No
|
|
FB
|
Twitter
|
IG
|
Path
|
Google+
|
Whatsapp
|
Line
|
BBM
|
Snapchat
|
Youtube
|
1.
|
Update
Status
|
Yes
|
Yes
|
No
|
Yes
|
Yes
|
No
|
Yes
|
Yes
|
No
|
No
|
2.
|
Chat
|
Yes
|
Yes
|
No
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
No
|
3.
|
Photos/Videos
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
4.
|
Add
Friend
|
Yes
|
No
|
No
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
No
|
5.
|
Emoticon
|
Yes
|
No
|
No
|
Yes
|
No
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
No
|
No
|
6.
|
Sticker
|
No
|
No
|
No
|
Yes
|
No
|
No
|
Yes
|
Yes
|
No
|
No
|
7.
|
Follow/Unfollow
|
No
|
Yes
|
Yes
|
No
|
No
|
No
|
No
|
No
|
No
|
No
|
8.
|
Tag
Foto
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
No
|
No
|
No
|
No
|
No
|
No
|
9.
|
Share
Location
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
No
|
10
|
Like
|
Yes
|
No
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
No
|
Yes
|
No
|
Yes
|
Yes
|
11.
|
Free/Video
Call
|
No
|
No
|
No
|
No
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
No
|
12.
|
Block
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
No
|
13.
|
Data
Sharing
|
Yes
|
No
|
No
|
No
|
No
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
Yes
|
No
|
E. Tabel
Perbandingan Kekurangan & Kelebihan Sosial Media
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Facebook
|
1. Mencari
teman
2. Bisnis
3. Diskusi
4. Belajar
|
1. Lupa
waktu
2. Penipuan
3. Pornografi
|
Twitter
|
1. Interaktif
2. Menjangkau
luas, tidak hanya teman
3. Berita
update
4. Bisnis
|
1. Dibatasi
140 karakter perupdate
2. Spam
|
Instagram
|
1. Display
produk simple
2. Bisnis
|
1. Penipuan
2. Foto
beresolusi kecil
|
Path
|
1. Tidak
ada kolom iklan
2. Privasi
lebih terjaga
3. Memunculkan
notifikasi jika ada yang mengunjungi profil kita
|
1. Terlalu
banyak kategori postingan
2. Teman
dibatasi
|
Google+
|
1. Mode
huruf beragam
2. Pengelompokkan
teman
3. Gif
diizinkan
|
1. Versi
mobile belum sempurna
2. Platform
tidak bagus
3. URL
masih menempel dengan induknya
|
Whatsapp
|
1. Simpel
& mudah digunakan
2. Otomatis
kontak tersinkron
3. Memback
up percakapan dengan mudah
|
1. Belum
mendukung video call
2. Emoticon
kurang menarik
3. Berbayar
tiap tahun
|
Line
|
1. Dinamis
2. Bisa
diinstal di pc
3. Stiker
& emoticon yang menarik
|
1. Kapasitas
memori besar menjadi lemot
2. Koneksi
data belum stabil
|
BBM
|
1. Bisa
sharing file dengan mudah
2. Bisa
menggunakan wifi
|
1. Jaringan
kurang stabil
2. Pin
BB tidak permanen
3.
Profile picture tidak bisa
diperbesar maupun diperkecil
|
Snapchat
|
1. Foto
yang diunggah tidak permanen, hanya dapat dilihat untuk waktu yang sangat
singkat
2. Menjaga
privasi
|
Belum terlalu populer di Indonesia
|
Youtube
|
1. Banyak
videonya
2. Ajang
promosi diri
3. Bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
|
1. Tidak
bisa didownload secara langsung
2. Terlalu
bebas, sehingga banyak video yang menyesatkan
3. Video
sering buffering
|
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar